Kategori
Cooking

Tips Menghemat Minyak Goreng Saat Memasak, Jangan Boros

Tips Menghemat Minyak Goreng Saat Memasak, Jangan Boros

Tips Menghemat Minyak Goreng Saat Memasak, Jangan Boros – Minyak goreng adalah salah satu bahan sembako yang penting dimiliki oleh banyak orang di rumah. Fungsinya yang sangat krusial untuk urusan memasak menjadikannya sebagai jenis bahan yang sangat dibutuhkan. Namun, tidak berarti juga jumlah pemakaiannya harus berlebihan.

berikut tipsnya untuk kamu supaya menghemat minyak goreng di rumah. cuss…

1. Menyesuaikan minyak dengan porsi masak

Sebelum memasak, ada baiknya kamu mencoba memperhatikan porsi memasak yang akan dilakukan. Jika kamu rasa memang memasak kali ini tak membutuhkan banyak proses penggorengan, maka siapkan saja minyak secukupnya. Tanpa perhitungan, penggunaan minyak jadi tak menentu.

2. Gunakan teknik memasak yang lain 

Menggunakan teknik memasak deep-fry bukan lah hal yang direkomendasikan untuk menghemat minyak. Sewaktu-waktu menggunakan teknik tersebut boleh-boleh saja, namun jika setiap hari maka akan cukup membuat boros. Oleh sebab itu, temukan jenis teknik lainnya, seperti menumis contohnya yang hanya menggunakan sedikit minyak.

3. Pilih wajan datar dan anti lengket

Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan saat akan menggoreng olahan. Hal pertama adalah mengenai pemilihan wajan datar yang dimaksudkan agar penggunaan minyak tak berlebihan. Selain itu, gunakan wajan anti lengket agar tak boros minyak bila tiba-tiba ikan menempel di wajan atau pun ikan gosong karena ada bagian dari wajan yang tak terkena minyak secara merata.

4. Menggunakan minyak dalam satu waktu dengan urutan yang tepat 

Tak ada salahnya bila menggunakan minyak yang sama dalam satu waktu, namun dengan urutan yang berbeda-beda tentunya. Sebagai contoh, minyak baru dapat kamu gunakan untuk memasak kerupuk. Hasil penggorengan kerupuk dapat kamu gunakan untuk menumis bumbu seperti cabai. Lalu, minyak hasil menggoreng itu juga bisa digunakan kembali untuk jenis ikan berbumbu atau makanan beku.

5. Menggunakan alternatif bahan lain 

Jika memang dirasa ingin mencoba hal baru, maka kamu dapat mengganti minyak goreng dengan menggunakan mentega. Mentega memiliki cita rasa yang gurih sehingga dapat memengaruhi sensasi rasa pada olahanmu. Pastikan bahwa kamu dapat memilih alternatif bahan memasak yang cocok untukmu.