Kategori
Berita Sosial

Tidak Benar Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19 Berakibat Alergi Bayi

Tidak Benar Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19 Berakibat Alergi Bayi Sebuah video seorang anak mengalami alergi karena sang ibu mendapat vaksin Covid-19 beredar di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat tubuh sang anak berwarna kemerahan.

“Has anyone heard anything about babies having reactions when their nursing moms get the covid vaccine? This is my grandnephew yesterday, his mom got her shot in Saturday”

20210412161300 1 informasi bayi alergi karena sang ibu disuntik vaksin 001 wisnoe moerti - Tidak Benar Ibu Menyusui Disuntik Vaksin Covid-19 Berakibat Alergi Bayi
Berikut terjemahannya:

Adakah yang pernah mendengar tentang bayi yang alergi ketika sang ibu mendapatkan vaksin covid? Ini cucu saya kemarin, ibunya dvaksin hari Sabtu

Penelusuran

http://tequila-orendain.com/

Menurut penelusuran merdeka.com, informasi tersebut adalah hoaks. Dalam artikel kumparan.com berjudul “Hoaxbuster: Foto Bayi Mengalami Alergi Setelah Ibu yang Menyusuinya Dvaksin” pada 10 April 2021, djelaskan bahwa tidak ada bayi yang alergi karena sang ibu dsuntik vaksin Covid-19.

Faktanya, foto dalam gambar tersebut bukan merupakan bayi dari seorang ibu yang mendapat vaksin COVID-19. Check Fakta USA Today telah memastikan foto bayi tersebut tidak ada kaitan dengan bayi yang dikabarkan meninggal karena sang ibu mendapat suntikan vaksin corona.

“Bayi yang saya laporkan meninggal setelah ibu mendapat vaksin Pfizer kedua BUKAN bayi dalam foto ini. Saya sudah sebutkan d postingan asli saya, tetapi sepertinya terlewatkan,” tulis akun Facebook yang mengunggah foto tersebut.

Lantas, apakah Ibu menyusui aman mendapat vaksinasi?

http://tequila-orendain.com/

Ibu menyusui termasuk dalam kategori aman mendapat injeksi vaksin COVID-19. Academy of Breastfeeding Medicine menjelaskan, kecil kemungkinan lipid vaksin dapat memasuki aliran darah dan mencapai jaringan payudara. Jika mRNA yang terdapat dalam vaksin masuk ke dalam susu ibu, tidak akan menimbulkan efek biologis yang membahayakan.

Data tentang keamanan vaksin pada Ibu menyusui juga sudah bermunculan d berbagai jurnal internasional. American College of Obstetricians and Gynecologists bahkan merekomendasikan agar mereka yang menyusui segera mendapatkan vaksin COVID-19.

“Saat Anda divaksinasi, antibodi yang dbuat oleh tubuh Anda dapat disalurkan melalui ASI dan membantu melindungi anak Anda dari virus,” kata situs web perguruan tinggi tersebut.

Lebih lanjut, Drektur Kedokteran Janin Ibu Rumah Sakit Wanita Michigan MedcineVon Voigtlander, Dr. Molly Stout, menegaskan vaksin COVID-19 justru memberi manfaat bagi bayi dari penularan virus.

“Antibodi dari ibu menyusui yang dtransfer ke ASI sebenarnya dapat melindungi anak yang menyusui,” tutup Stout.

Kesimpulan

Informasi ibu menyusui yang dsuntik vaksin Covid-19 mengakibatkan bayi alergi adalah tidak benar. Efek dari vaksin Covid-19 tidak berpengaruh pada alergi bayi. Vaksin Covid-19 dapat memberi manfaat bagi bayi dari penularan virus.

Tidak Benar Ibu Menyusui Disuntik,Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan, pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dpertanggungjawabkan kebenarannya