Kategori
Cooking

Peralatan Ini Wajib Dimiliki untuk Plating Sempurna

Peralatan Ini Wajib Dimiliki untuk Plating Sempurna

Peralatan Ini Wajib Dimiliki untuk Plating SempurnaFood Plating atau penataan makanan merupakan ilmu teknis dari tata boga yang dipakai oleh bakery, chef profesional hotel, restoran-restoran ternama.

Dan banyak bidang hospitality lainnya untuk menggugah selera calon konsumen, menciptakan kesetiaan, juga membangun bisnis kuliner yang senantiasa digemari. Seiring waktu, teknik ini diadopsi bahkan oleh bisnis-bisnis kuliner skala kecil dan menengah.

Selain bahan dasar dan cita rasa, penampilan juga merupakan hal penting dalam suatu hidangan. Tidak hanya untuk menggugah selera makan seseorang, dengan mengunggah foto suatu hidangan yang tampilannya unik dan eye-catching bisa menambah jumlah pengikut mereka di media sosial.

Agar bisa menyajikan hidangan yang cantik nan menggugah selera layaknya chef profesional, kamu wajib mempunyai peralatan berikut ini di dapur kamu.

Offset-spatula ukuran kecil

Dilansir twohearts-camping.com, offset-spatula yang biasanya digunakan untuk menghias kue dengan butter cream juga bisa digunakan untuk proses plating suatu hidangan.

Fungsinya hampir serupa dengan sendok, bisa digunakan untuk menaruh makanan seperti daging dan mengoleskan pure ke atas piring.

Salah satu teknik plating paling umum adalah menggunakan bagian bawah offset-spatula untuk mengoleskan saus atau pure di atas piring dalam satu tarikan cepat. Hasilnya pun akan terlihat lebih dramatis dan menambah nilai hidangan tersebut.

Ring mold

Ring mold sering digunakan untuk menaruh hidangan kamu dalam bentuk tertentu. Dengan begitu, hidangan kamu lebih tertata dan tidak berantakan sekalipun ring mold tersebut diangkat dari atas piring.

Ring mold juga kerap kali dipakai untuk membuat layer sehingga hidangan terlihat lebih menawan.

Lap bersih

Lap yang satu ini harus selalu kamu bawa dan jaga kebersihannya karena lap ini hanya digunakan untuk membersihkan noda dan sidik jari yang tertinggal di atas piring.

Prinsipnya adalah hidangan pantang keluar dari dapur sebelum piringnya bersih.

Sendok

Alat untuk plating salah satunya adalah sendok yang terbuat dari metal dan berukuran sedang. Tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar.

Dengan sendok berukuran sedang, kamu bisa menaruh hidangan kamu di atas piring dengan leluasa. Begitu juga dengan elemen penting lainnya seperti saus dan pure.

Kamu juga bisa menggunakan sendok ini untuk mengkreasikan bentuk saus dan pure di atas piring. Dengan begitu, makanan yang dihidangkan di atas piring akan terlihat lebih menarik.

Squeeze bottle

Squeeze bottle dijadikan sebagai tempat penyimpanan saus dengan tekstur yang kental dan pure. Tidak hanya itu, squeeze bottle juga bisa digunakan untuk menghias hidangan.

Kamu bisa membuat garis lurus atau lingkaran yang mengitari bintang utama dalam hidangan tersebut. Membuat titik-titik kecil atau bentuk apapun yang kamu mau di atas piring juga bisa kamu lakukan untuk mempercantik penampilan hidangan kamu.

Pinset

Pinset atau lebih dikenal dengan sebutan tweezers juga merupakan alat penting yang kamu butuhkan selama proses plating. 

Dengan menggunakan pinset, kamu bisa meletakan garnish berukuran kecil seperti edible flower. Pinset juga sering digunakan untuk memperbaiki posisi makanan yang tidak mungkin bisa diperbaiki langsung oleh tangan kamu.

Untukmu yang doyan belajar plating, semoga informasi di atas bermanfaat!