Kategori
Cooking

Mencegah Kebakaran saat Memasak di Dapur 

Inilah Cara Efektif Mencegah Kebakaran saat Memasak di Dapur

Mencegah Kebakaran saat Memasak di Dapur – Bencana kebakaran bisa saja terjadi di bangunan rumah tinggal. Api yang menyebabkan kebakaran bisa berasal dari sumber api yang dimanfaatkan untuk memasak dan perilaku sehari-hari. Salah satu sumber api adalah di area dapur. Penggunaan kompor yang tidak bijak dapat menjadi petaka, salah satunya adalah api kompor yang membesar.

Lama-kelamaan, api tersebut dapat memicu kebakaran di rumah. Penyebab kebakaran tersebut masih sering terjadi pada masa kini. Dikutip dari riset United States National Fire Protection Association, kompor merupakan Poker IDNPlay Deposit OVO 10rb hampir setengah penyebab kebakaran rumah, yaitu sebesar 48% pada rentang tahun 2012-2016. Tentu saja kita harus berhati-hati saat menggunakan kompor.

Nah, bagaimana cara mengantisipasi terjadinya kebakaran yang berasal dari kompor? Yuk, lakukan hal berikut ini sebelum kamu memasak.

Jika memakai kompor gas, periksa keadaan gas dan kompor terlebih dahulu

Walaupun kompor gas memiliki risiko pemicu kebakaran lebih rendah daripada kompor listrik (berdasarkan riset US National Fire Protection Association), tetap saja kamu harus berhati-hati menggunakannya. Selalu cek keadaan tabung gas, regulator, dan kompor.

Dilansir dari laman Hunker, gas bocor ditandai dengan adanya bau gas dan suara mendesis di sekitarnya. Jika hal ini terjadi, maka cabut regulator gas dan bawa gas keluar rumah. Jika kamu tidak bisa menanganinya sendiri, hubungi perusahaan gas terdekat.

Selain itu, ganti regulator jika sudah tidak dapat digunakan lagi. Selang penghubung antara tabung gas dan kompor juga harus rapat pada tutup gas dan sudah terpasang dengan baik pada kompor. Setelah itu, kamu bisa memasak dengan tenang.

Jauhkan benda-benda yang tidak perlu dari kompor

Jauhkan benda-benda yang tidak diperlukan ketika memasak, seperti handuk, kantong plastik, bahan yang terbuat dari kayu, dan kertas-kertas. Benda-benda yang tidak diperlukan tersebut dapat membangkitkan api walaupun letak bendanya tidak tepat di atas kompor. Dilarang keras meletakkan korek api di dekat kompor karena akan menimbulkan kobaran api yang besar.

Dikutip dari riset US National Fire Protection Association, bahan mudah terbakar menjadi penyebab ketiga terbesar kebakaran rumah, yaitu sebesar 9%. Oleh karena itu, dekatkan hanya benda-benda yang diperlukan ketika memasak, seperti bahan makanan yang akan dimasak, sendok masakan, dan pemegang wajan memasak.

Tidak memakai pakaian yang terlalu panjang dan longgar saat memasak

Kelihatannya sepele, tetapi pakaian yang terlalu panjang dan longgar dapat membahayakan dirimu saat memasak. Pakaian tersebut dapat menyulut api menuju kamu jika dekat dengan api kompor. Api tersebut dapat dengan mudah menyebar di sekitar kompor dan membuat dirimu terbakar.

Sebagaimana dikutip dari riset US National Fire Protection Association, 1% kejadian kebakaran kompor disebabkan oleh sulutan api pada pakaian yang dikenakan seseorang yang berada di dekat kompor. Pakaian ini juga menjadi penyebab 15% kematian akibat peristiwa ini.

Jadi, sangat penting memakai pakaian yang tidak terlalu panjang dan longgar, serta nyaman saat memasak. Pakaian lengan pendek lebih baik kamu kenakan karena api kompor menyebabkan hawa panas di dapur. Jika terpaksa memakai pakaian yang panjang dan longgar, gulung lengan sampai siku dan ikat bagian pakaian yang longgar.

Nah, sudah tidak bingung lagi kan bagaimana mencegah kebakaran pada kompor? Ingat, selalu lakukan hal-hal pada list di atas sebelum memasak!