Kategori
Cooking

Memasak Nasi Merah biar Empuk

Tips Memasak Nasi Merah biar Empuk dan Lebih Nikmat

Memasak Nasi Merah biar Empuk – Beras merah memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Beras merah ini sering dijadikan sebagai menu makan sehat. Pada beras merah terkandung mineral, serat, vitamin dan rendah akan kandungan gula sehingga sering dijadikan sebagai menu diet sehat. Banyak orang memilih beralih dari beras putih ke beras merah karena sedang diet atau alasan kesehatan.

Beras merah memang dikenal lebih rendah gula dan kalori dibanding beras putih. Kandungannya kaya akan serat, mineral, dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Hanya saja, tekstur beras merah lebih keras dibanding beras putih.

Jika memasaknya kurang tepat, maka rasa nasi merah jadi lebih hambar dengan tekstur cukup keras. Supaya hasilnya tetap nikmat, berikut beberapa tips Poker IDNPlay Deposit OVO 10rb memasak nasi merah yang bisa kamu praktikkan.

Rendam beras merah sebelum dimasak

Tujuan merendam beras merah sebelum dimasak adalah supaya jadi lebih empuk. Gak perlu terlalu lama, rendam selama 30 menit dengan air bersih. Hal ini akan membuat tekstur beras merah menjadi lebih lunak.

Campur sedikit beras putih agar lebih pulen dan empuk

Supaya hasil nasi merah lebih empuk dan pulen, kamu bisa menambahkan beras putih saat memasaknya. Perbandingannya sesuai selera kamu, tetapi tetap lebih banyak porsi beras merah dibandingkan beras putihnya ya.

Cuci beras merah 2-3 kali saja

Sebelum dimasak, kamu harus mencuci beras merah terlebih dulu. Gunakan air bersih untuk mencucinya.

Cara membersihkan beras merah pun sama dengan cara mencuci beras putih. Bedanya, mencuci beras merah cukup diulang 2-3 kali bilasan. Tujuannya supaya vitamin, serat, atau mineralnya tidak hilang.

Gunakan air lebih banyak untuk memasak

Tekstur beras merah cenderung lebih keras, sehingga harus mengunakan air yang lebih banyak untuk memasaknya. Banyaknya komposisi air akan membuat tekstur nasi merah menjadi pulen dan tidak keras.

Gunakan perbandingan 3:1 jika memasak menggunakan rice cooker, yang berarti 3 gelas takar air mineral dan 1 gelas takar beras. Jika memasak manual, gunakan perbandingan 4:1, yakni 4 gelas takar air mineral dan 1 gelas takar beras merah.

Jika sudah matang, tutup dulu nasi merah

Supaya tekstur nasi jadi makin empuk dan tidak keras, biarkan dulu nasi merah dalam tempatnya selama 10 menit setelah matang.

Sebab, uap di dalam rice cooker atau dandang bisa membuat tekstur nasi merah lebih mengembang. Nah, ini akan membuat nasi merah jadi lebih empuk dan ringan.

Itulah beberapa tips memasak nasi merah supaya lebih empuk dan nikmat. Selamat mempraktikkan!