Kategori
Cooking

Hal Saat Memasak Ini Dapat Mengakibatkan Bahaya, Jarang yang Tahu!

Hal Saat Memasak Ini Dapat Mengakibatkan Bahaya, Jarang yang Tahu!

c3a0af0af40d0c83e1ce6be7e084973d - Hal Saat Memasak Ini Dapat Mengakibatkan Bahaya, Jarang yang Tahu!

Hal Saat Memasak Ini Dapat Mengakibatkan Bahaya – Memasak merupakan aktivitas yang menyenangkan, namun ada saatnya  juga berisiko sebab menggunakan alat-alat yang berbahaya, seperti api dan alat tajam. Proses memasak pun dapat dikatakan penuh dengan risiko bahaya apabila melakukannya dengan tidak hati-hati. Hal tersebutlah yang dapat menimbulkan pemasalahan atau bahkan bahaya yang mungkin tak diketahui semua orang.

Buat kamu yang penasaran apa saja hal-hal dalam memasak yang jarang diketahui, namun justru dapat mengakibatkan bahaya apabila melakukannya, berikut daftarnya! Download IDN Poker

1. Mencuci ayam mentah

Apakah kamu baru mengetahui hal yang satu ini? Bila iya, maka kamu patut menghentikan hal tersebut mulai dari sekarang.

Memang ada beberapa bahan makanan yang umum dicuci sebelum kemudian dimasak. Namun, ada pengecualian untuk ayam. Ayam akan lebih baik dimasak terlebih dahulu sebelum dicuci. Alasannya adalah karena mencuci ayam hanya akan menyebarkan bakteri melalui percikan air cucian ke arah benda-benda yang terkena. Oleh sebab itu, jika kamu memang ingin membersihkannya terlebih dahulu, maka pastikan untuk tetap hati-hati.

2. Talenan dapat mengakibatkan kontaminasi silang 

Memiliki satu talenan di rumah memang cukup merepotkan, apalagi bila harus memotong-motong bahan makanan dalam jumlah banyak. Oleh sebab itu, banyak yang menggunakan satu talenan untuk berbagai bahan, sebut saja daging-dagingan bahkan hingga bumbu-bumbu makanan. Hal tersebut akan mengakibatkan kontaminasi silang yang berpotensi menyebabkan efek yang tidak baik.

Jika memungkinkan, lebih baik menyediakan dua talenan untuk daging-dagingan dan sayuran atau rempah. Jika hanya memiliki satu, maka pastikan proses membersihkan taleannya tepat.

3. Mencairkan bahan beku dengan tidak tepat 

Apakah kamu tipikal orang yang gemar menyimpan olahan beku seperti daging? Jika iya, maka bagaimana caramu dalam mencairkannya?

Mungkin banyak orang yang melakukan hal tersebut dengan meletakannya di atas meja atau justru menggunakan air panas agar proses pencairan dapat berjalan cepat. Hal tersebut justru hanya akan memicu perkembang biakan bakteri secara cepat. Oleh sebab itu, kamu perlu bersabar sedikit ketika akan mencairkan bahan makanan, yaitu dengan cara meletakannya pada bagian bawah kulkas, merendam dengan air dingin atau dengan cara memasukkan dalam microwave. 

4. Meninggalkan dapur saat kompor menyala 

Memang seringkali banyak orang khususnya ibu rumah tangga yang harus mengerjakan pekerjaan rumah lainnya selama memasak. Jika kamu melakukan hal demikian, maka hentikanlah. Meski kamu sudah terbiasa, namun membiarkan kompor menyala selama memasak dan juga mengerjakan hal lainnya akan membuatmu tidak fokus.

Efek kelupaan akan membuat bahaya pada seisi rumah. Selain itu, justru dikhawatirkan bila hewan peliharaanmu tak sengaja menyenggol masakan dan berpotensi menyebabkan bahaya.

5. Menggunakan bumbu kedaluwarsa 

Bagi sebagian orang, ada yang memerhatikan kerapian dapur dengan cara menyimpan rempah-rempah ke dalam wadah khusus. Namun, sebagian lainnya tidak.

Justru bagi kamu yang sangat apik dalam menata bumbu-bumbu, bahaya dalam menggunakan bumbu-bumbu kedaluwarsa dapat menjadi risikonya. Hal ini karena memang seringkali wadah bumbu tak dilabeli tanggal kedaluwarsa sehingga membuat tak tahu apakah masih layak pakai atau tidak.